LAKUKAN HAL INI SEBELUM SEMUA FILE KERJAMU HILANG

Share:

Halo semua, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana melindungi file pekerjaan kita supaya 99% aman dari kerusakan ataupun kehilangan.

File kerja adalah hasil pekerjaan kita selama bekerja di perusahaan, ga mau dong hasil kerja kita selama ini hilang begitu aja, jika file kerja ini hilang maka kemungkinan kecil bisa untuk diperbaiki, oleh karena itu, kita sebagai karyawan, kitalah  yang bertanggung jawab dengan pekerjaan kita, kita harus melindungi file pekerjaan kita supaya aman, dan apabila suatu saat diminta oleh perusahaan maka kita bisa langsung menyerahkannya,

Alasan kenapa harus di backup file kerja :

1. Tidak ada jaminan pc/laptop kalian aman dari kerusakan/pencurian yang menyebabkan file kerja hilang

2. Bahaya virus yang mengakibatkan file kerja tidak bisa dibuka

3. Alasan lainnya yang tidak kita prediksi sebelumnya, apapun bisa terjadi,

Untuk menghindari resiko-resiko tersebut, kita harus melakukan sesuatu untuk melindungi file kerja kita supaya aman, walaupun tidak 100% aman, tapi paling tidak kita sudah melakukan sesuatu, daripada tidak melakukan sesuati.

Disini saya memiliki tips bagaimana cara melindungi file kerja kita supaya aman dan mengurangi resiko kehilangan/kerusakan.


2 Cara Mengamankan File Kerja :


1. Backup di flasdisk atau hardisk external

ini adalah cara pertama untuk melindungi file kerja kita dari resiko kerusakan ataupun kehilangan, cara ini cukup ampuh untuk melindungi file kerja kita, jadi apabila terjadi apa-apa dengan pc/laptop kita, maka kita masih memiliki file back up di flasfdisk ataupun di hardisk external.

Namun cara ini memiliki 2 kekurangan, yang pertama, sama seperti /pc atau laptop, harddisk ataupun flasdisk juga memiliki resiko rusak/hilang, lalu gimana solusinya?

Saran saya, tetap lakukan cara ini pertama ini, namun kita juga perlu melakukan cara ke dua berikut ini,

2. Backup di google drive / media penyimpanan awan lainnya

Setelah cara pertama kita lakukan, untuk meningkatkan keamanan file kerja kita, kita bisa melakukan backup file kerja di penyimpanan berbasis awa, ada banyak sekali contohnya, seperti google drive, dropbox, Onedrive, atau media penyimpan lainnya, hal ini sangat berguna apabila terjadi masalah dengan harddisk atau flasdisk kita, kita masih memiliki backup data di awan, ataupun jika kita lupa membawa hardisk atau flasdisk kita masih bisa mengunduhnya di google drive atau drobox.

Itulah 2 cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi file kerja kita dari resiko kehilangan,  sebaiknya kita melakukan 2 cara tersebut untuk meningkatkan kemanan file kerja kita, jika kalian memiliki tips lainnya jangan lupa untuk membagikannya di kolom komentar,

Terimakasih dan sampai jumla di artikel berikutnya, bye

Credit :
Photo by Tim Gouw from Pexels
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Photo created by karlyukav - www.freepik.com

 

No comments