Cara Menggunakan Autocad di Web Browser Gratis Tanpa Perlu Install Software Autocad

Share:

Mempersembahkan Autocad Web App,

Buat kamu pengguna software autocad, sekarang kamu tidak perlu lagi melakukan install software untuk menggunakan autocad, kare Autocad Web App ini berjalan di web browser, kamu hanya perlu mengaktifkan koneksi internet dan kamu bisa langsung menggunakan aplikasi ini.

Autocad Web App ini dirilis pada bulan Juli 2020 yang lalu, siapapun bisa mengakses semua tool dan command secara gratis tanpa perlu keluar biaya,

Sampai saya tulis artikel ini, aplikasi autocad web app ini masih bisa digunakan dengan lancar tanpa kendala, 

Untuk menggunakannya kamu bisa mengunjungi situs web.autocad.com dan kamu diarahkan untuk login atau register. silahkan register disana.


Setelah berhasil login, nanti kamu akan diarahkan ke halaman home, disini kamu bisa melakukan :

  • Membuat file baru
  • Membuat folder baru
  • Upload file dari pc/laptop
  • Open, Rename, Move, Duplicate, Delete & Download file ke pc/laptop

Untuk membuka file silahkan klik kanan pada file yang ingin dibuka, lalu pilih open


Oiya, kamu tidak pelu melakukan aktivasi untuk menggunakan aplikasi ini, cukup login dan tampilan autocad akan muncul seperti tampilan autocad pada umumnya.

Fyi, aplikasi autocad web app ini bisa berjalan di  64-bit Google Chrome, 64-bit Mozilla Firefox, and 64-bit Microsoft Edge pada sistem operasi Windows or Mac.

Kelebihan Autocad Web App

Setelah beberapa hari ini saya menggunakan aplikasi autocad web ini saya sangat salut dengan autodesk sudah membuat aplikasi autocad web ini, sepertinya mereka tahu bahwa banyak pengguna autocad yang menggunakan autocad bajakan, sehingga autodesk membuat aplikasi autocad web app yang bisa digunakan secara gratis, mungkin untuk mengurasi penggunaan software bajakan yang sekarang ini merajalela.

Untuk tool-tool dan command sama seperti autocad biasanya hanya saja peletakannya saja yang berbeda, namun dengan sering menggunakan nantinya akan terbiasa.

Intinya aplikasi ini keren banget, sayang banget untuk dilewatin apalagi ga dicobain :)

Kekurangan

Saya mencoba hasil kerja di autocad web app dan kemudian saya buka di autocad yang terinstall di laptop saya yaitu autocad 2014, hasilnya file tersebut tidak terbuka dengan kata lain versi file autocad yang ingin dibuka terlalu besar jika dibuka menggunakan autpcad 2014, 

Kemudian saya buka menggunakan autocad 2018, baru file kerja tersebut bisa terbuka..

Saya belum tahu bagaimana cara untuk menyimpan file dari autocad web app ke versi yang lebih rendah, apabila kalian tahu tolong tulis dikolom komentar ya... :)

Kapan layanan aplikasi autocad web app ini berakhir?

Menurut informasi yang saya dapat dari situs resminya https://knowledge.autodesk.com/search-result/caas/simplecontent/content/web-app-program.html

"Kami terus memantau kebutuhan pelanggan kami dan situasi seputar wabah global dan dapat melakukan modifikasi pada program, termasuk produk, kapan saja."

Demikian ulasan saya mengenai autocad web app, semoga informasi ini bermanfaat, kunjungi channel youtube saya untuk mendapatkan infomasi mengenai Drafter & Cad Tutorial. See You


No comments