Tips Jitu Melamar Kerja Drafter MEP 99% Diterima !!

Share:
melamar kerja

Di artikel kali ini saya ingin berbagi tips cara melamar kerja sebagai Drafter MEP supaya kesempatan untuk diterima menjadi semakin besar.
Dokumen yang perlu disiapkan untuk melamar kerja adalah Surat Lamaran Kerja & CV/Resume/Daftar Riwayat Hidup.


Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja adalah hal wajib yang harus dipersiapkan untuk melamar kerja termasuk sebagai Drafter MEP. ada 9 bagan yang harus dimunculkan di dalam surat lamaran kerja, antara lain : 
  1. Tempat dan Tanggal
  2. Lampiran dan Perihal
  3. Alamat Surat
  4. Salam Pembuka
  5. Alinea Pembuka
  6. Isi dan Identitas Diri
  7. Penutup
  8. Tanda Tangan dan Nama Terang
Untuk contoh Surat Lamaran Kerja kalian bisa download di link dibawah ini, saya sudah membuatkan untuk para pemcaba setia :)


Daftar Riwayat Hidup/CV (Curiculum Vitae)

Daftar Riwayat Hidup juga merupakan dokumen penting sebagai lampiran surat lamaran kerja, dokumen isi berisi biodata lengkap mengenai riwayat hidup dalon karyawan, juga dijadikan bahan pertimbangan perusahaan untuk menentukan diterima atau tidaknya pengajuan lamaran kerja. Di CV ini, bagan-bagan yang harus anda antara lain :

  • Nama Lengkap
  • Tempat tanggal lahir
  • Alamat lengkap
  • No Hp
  • Email
  • Agama
  • Jenis kelamin
  • Pendidikan lengkap
  • Sertifikat keterampilan
  • Minat
  • Pengalaman kerja
Berikut ini contoh format CV yang bisa anda gunakan :




Tips Melamar Kerja Sebagai Drafter MEP


1. Pastikan perusahaan sedang membuka lowongan kerja

Bagaimana perusahaan akan menerima karyawan baru kalau perusahaan sedang tidak membuka lowongan?, pastikan perusahaan sedang membuka lowongan kerja baru anda mengajukan diri untuk melamar kerja di perusahaan tersebut.

2. Pastikan memiliki kemampuan yang dipersyaratkan

Apabila anda menguasai sistem di proyek jembatan maka carilah lowongan kerja yang penempatannya untuk proyek jembatan, jangan melamar kerja diluar kemampuan yang anda miliki, pastikan persyaratan yang dituliskan di lowongan kerja ada kuasai.

3. Rekomendasi

Apabila anda memiliki rekan yang sedang bekerja diperusahaan kontraktor dan perusahaan tersebut sedang membuka lowongan kerja maka anda bisa meminta rekan kerja tersebut untuk merekomendasikan anda, namun pastikan kemampuan yang dicari perusahaan tersebut anda miliki. 

4. Cantumkan keahlian

Didalam Daftar Riwayat Hidup pastikan anda mencantumkan seluruh keahlian/kemampuan anda dalam pekerjaan anda, uraikan sedetail mungkin dan tampilkan hasil kerja anda selama bekerja di proyek sebelumnya sehingga perusahaan akan mempertimbangkan bahwa anda layak untuk menjadi kandidat calon keryawan.

5. Bersiap2 jika dites

Pastikan seluruh kemampuan yang anda urian dalam Daftar Riwayat Hidup anda kuasai dengan benar, jangan asal menulis namun anda tidak kuasai, sebab perusahaan bisa saya memenggilkan anda untuk sesi interview yang melakukan tes terhadap skill anda, jika anda tidak jujur maka kesempatan anda untuk diterima bekerja menjadi semakin kecil.

6. Menunggu dengan sabar

Setelah lamaran kerja diajukan silahkan menunggu 1-2 minggu, apabila kalian memiliki nomor kontak HRD perusahaan tersebut jangan sekali-kali menghubungi untuk menanyakan status pengajuan anda. sabar dan menunggu akan sangat baik.

7. 2 Minggu lebih tidak ada panggilan interview

Apabila sudah lebih dari 2 minggu namun tidak ada panggilan untuk interview kerja anda bisa mencoba melamar kerja di perusahaan yang lain, ada beberapa alasan kenapa anda tidak dipanggil untuk interview salah satunya karena sudah menemukan calon karyawan lain atau kriteria anda tidak cocok untuk lowongan pekerjaan yang sedang dibuka oleh perusahaan tersebut.

8. Berdoa

Berusaha semaksimal mungkin sudah, saatnya memasrahkan segalanya ditangan Allah SWT, apapun nanti yang terjadi itu adalah keputusan yang terbaik :)

Saran : Jujurlah dalam membuat Surat Lamaran Kerja & Daftar Riwayat Hidup. Perusahaan memiliki penilaian tersendiri untuk menseleksi calon karyawan, Perusahaan tidak selalu menerima karyawan yang memiliki kemampuan sempurna, adakalanya perusahaan mencari calon karyawan yang memiliki kemampuan basic, jujur dan memiliki semangat belajar yang tinggi. :)

Sekian tips melamar kerja menjadi drafter mep dari saya, semoga bermanfaat, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.  

No comments